Menu Tutup

Pengertian Vector dan Bitmap/Raster

pengertian vector dan bitmap/raster
pengertian vector dan bitmap/raster

Pengertian Vector dan Bitmap/Raster

Hy, Pada postingan pertama setelah berbulan bulan tidak ngeblog ini, saya akan membahas tentang desain grafis, karena saya suka ilmu grafis. ilmu grafis itu luas banget gan pokoknya, selalu ada ide-ide editing yang keluar.

ok kembali ke topik

kali ini saya akan menjelaskan Pengertian Vector dan Bitmap/Raster . Ya mungkin kalian pernah dengar bukan, apalagi bagi kalian yang bergelud di dunia desain, pasti harus tahu nih perbedaan keduanya antara vector maupun bitmap.

 

Vector

contoh vector di zoom
contoh vector di zoom

Vector adalah sebuah gambar yang dibentuk dari sejumlah garis dan kurva yang mana garis/kurva tersebut tidak bergantung pada seberapa banyaknya pixel dan bilamana di zoom in sebesar apapun gambar tidak akan pecah atau kehilangan detail. Kekurangan jenis gambar vector ini biasanya pada warnanya tidak natural dan kaku, tidak seperti bitmap/raster yang kelihatan natural

Software atau aplikasi yang sering digunakan untuk mengolah vector ini adalah Adobe Illustrator, Coreldraw, Inkscape, Freehand dan ada juga pengelola gambar vector di android, yaitu infinite design, infinite painter dan lain sebagainya.

Kegunaan gambar berjenis vector ini biasanya digunakan untuk membuaty logo-logo korporat/perusahaan, media iklan, spanduk, baliho yang bilamana membutuhkan gambar yang besar serta detail.

 

Bitmap atau Raster

contoh bitmap/raster di zoom
contoh bitmap/raster di zoom

Sedangkan bitmap atau raster adalah jenis gambar yang terbentuk dari titik ke titik dan bergantug pada seberapa banyaknya pixel dan bilamana dizoom in terlalu besar gambar bisa pecah. Kelebihannya tentunya pada pengolahan foto, bitmap ini warnanya jauh lebih natural. Dan fleksibel

Software atau aplikasi yang sering digunakan untuk mengolah bitmap/raster ini adalah Adobe Photoshop, Gimp, Corelphoto paint dan lain sebagainya.

Dan apabila gambar raster digunakan untuk mencetak banner, spanduk, logo, baliho dan lain sebagainya itu sebenarnya bisa saja. Tetapi tidak efisien, karena memerlukan gambar yang besar dan bagus. Lebih efisien menggunakan vector karena tinggal di scale tanpa harus memperhitungkan tingkat kedetail-annya

okay itu saja artikel yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf. Sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya dan jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat.

 

Posted in pengertian

Related Posts

Tinggalkan Balasan