Menu Tutup

Pengertian DHCP Server dan Cara Kerjanya

Pengertian DHCP Server – Saya tadi mendapatkan ilmu baru dari guru saya, tentang pengertian DHCP server. Dan sekarang saya akan membagikan dan menjelaskan pengertian dhcp server ,fungsi dan cara kerja dhcp server.

 

Apa itu DHCP server?

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) server adalah server yang berfungsi sebagai pemberi IP Address kepada client secara otomatis. DHCP server juga biasanya dibuat melalui linux Debian.

Contohnya saja komputer yang terdapat di lab komputer. Tentunya mereka saling terhubung satu sama lain yang jumlahnya puluhan dan memiliki IP Address yang berbeda-beda. apakah kita akan memberikan IP addresa satu per satu?, pasti capek ya sobat. Tentunya kita perlu DHCP server untuk memberikan IP Address secara otomatis agar tidak capek.

DHCP server juga memberikan netmask, host name, domain name, DNS, dan alamat gatewaynya juga . Jadi kita hanya perlu mengkonfigurasi DHCP server aja. Untungnya saya sudah di ajarin sama guru Admin server saya.

Jadi ya kalau misalnya sobat seorang admin server tidak perlu  repot-repot lagi deh settimg IP client satu persatu. Oh iya kebalikan dari dhcp adalah static artinya memberikan alamat ip secara manual.

Terus, Bagaimana cara kerja dhcp server?

Saat client menghidupkan komputernya dan menghubungkannya ke server yang DHCP) komputer tersebut otomatis meminta IP Address ke server.

Kemudian server memberikannya sebuah IP Address ke client menurut teori juga terdapat 4 proses pada cara kerja DHCP server yaitu : IP Least Request, IP Least Offer, IP Lease Selection, dan IP Lease Acknowledge.

Berikut penjelasannya :

  1. IP Least Request : Client meminta IP Address ke server
  2. IP Least Offer : DHCP server memberikan penawaran IP Address kepada client
  3. IP Lease Selection : Komputer client memilih IP Address dari DHCP server kemudian membroadcast pesan bahwa client menyetujui penawaran
  4. IP Lease Acknowledge : DHCP server menerima pesan dan mengirim paket acknowledge (DHCPACK) kepada client yg berisi batas waktu client bisa menggunakan IP dan konfigurasi lainnya. lalu client dapat terhubung ke jaringan.
 
Prinsip dari DHCP server ini seperti sewa menyewa barang ya. Terdapat penawaran juga terus di beri jangka waktu berapa lama client bisa menggunakannya. Sepertinya sampai disini penjelasan saya tentang DHCP server.  Saya akhiri semoga faham.
Posted in Debian Server, Jaringan, pengertian, Tutorial Linux

Related Posts

1 Comment

Tinggalkan Balasan