Menu Tutup

Pengertian dan fungsi web server

Pengertian dan fungsi web server – Apa itu web server? Pertanyaan ini tidak asing lagi bagi saya, karena saya juga sedang mempelajari berbagai macam server. Banyak teman saya yang belum tau pengertian web server, fungsi web server atau kegunaan web server.

Untuk itu saya akan menjelaskannya di artikel ini. dan artikel ini saya buat juga agar kalian yang sedang berkecimpung di dunia networking semua faham tentang pengertian web server dan fungsi web server.

Pengertian dan fungsi web server
Pengertian dan fungsi web server

Pengertian web server

Web server adalah server yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS pada berkas yang terdapat di suatu situs web.

dalam layanan ke pengguna dengan menggunakan aplikasi tertentu seperti peramban web. Penggunaan paling umum server web adalah untuk menempatkan situs web.

namun pada prakteknya penggunaannya diperluas sebagai tempat peyimpanan data ataupun untuk menjalankan sejumlah aplikasi kelas bisnis.

Fungsi web server

Fungsi web server adalah untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan. Disebabkan sebuah halaman web dapat terdiri atas berkas teks, gambar, video, dan lainnya.

web server juga berfungsi untuk mentransfer seluruh pemberkasan dalam sebuah halaman web termasuk di dalamnya teks, gambar, video, atau lainnya.

Pengguna, biasanya melalui aplikasi pengguna seperti peramban web, meminta layanan atas berkas ataupun halaman web yang terdapat pada sebuah server web, kemudian server sebagai manajer layanan tersebut akan merespon balik dengan mengirimkan halaman dan berkas-berkas pendukung yang dibutuhkan, atau menolak permintaan tersebut jika halaman yang diminta tidak tersedia.

aplikasi web server yang sering digunakan dalam debian server adalah apache2, cara menginstallnya juga mudah hanya dengan mengetikkan perintah #apt-get install apache2.

tetapi ingat setelah menginstall web server kamu juga harus menkonfigurasinya agar web server dapat berjalan. untuk tutorial konfigurasi web servernya kapan-kapan akan saya buatkan.

sepertinya cukup penjelasan panjang lebar saya, jika kalian ada tambahan bisa ditambahkan di kotak komentar yang telah saya sediakan dibawah.

Posted in Debian Server, Jaringan, pengertian, Tutorial Linux

Related Posts

1 Comment

Tinggalkan Balasan