Menu Tutup

Pengertian CLI

Pengertian CLI
Pengertian CLI

Pengertian CLI – pernah dengar istilah CLI ?. biasanya CLI ini di sandingkan dengan GUI. karena GUI dan CLI merupakan jenis suatu sistem operasi. baik windows maupun linux .lalu apa itu CLI?

CLI adalah singkatan dari Command Line Interfaces yaitu antarmuka atau tampilan sistem operasi yang menggunakan perintah atau text. Dalam menjalankan sistem operasi User hanya dapat menggunakan keyboard dengan cara mengetikan perintah (Command) tertentu.

jadi sobat-sobat harus hafal perintahnya. CLI ini biasanya digunakan pada sistem operasi server yang di operasikan oleh adminserver , contoh :

  • DOS,
  • Linux(debian,suse,solaris,mandrake dll)
  • Cisco IOS (Internetwork Operating System)
  • knoppix
  • windows(windows NT,windows 2000 server,windows 2003 server dll)
  • Mikrotik, dll

CLI ini memiliki kelebihan, :

  1. Lebih responsif, ya jelas lah CLI kan hanya menggunakan text dan perintah pasti lebih cepet dan anti lemot hehehe
  2. Hanya membutuhkan hardware rendah, ya CLI memang ringan maka dari itu CLI hanya memerlukan spek-spek PC rendah. Jadi… CLI bisa di install di PC” jadul sobat hahaha
  3. Lebih efisien, karena CLI berbasis teks jadi tidak ribet-ribet dalam mengoperasikannya sobat.

Layaknya manusia CLI juga memiliki kelebihan dan kekurangan gan , berikut adalah kekurangan CLI :

  1. Kurang menarik, ya benar.. CLI memang kurang menarik untuk kalangan orang-orang awam. Karena hanya bisa mengetik dan meng-enter hehehe
  2. Membosankan, CLImerupakan sistem operasi yang hanya berisi teks jelas saja bisa membuat orang bosan
  3. User harus hafalan, jelas.. CLI juga harus hafalan command”nya(perintah) jika kita tidak hafal, ya kita tidak bisa berharap banyak dari CLI

CLI memang sangat menarik untuk dipelajari. CLI juga membuat orang untuk tidak berbuat malas. tidak seperti GUI hanya tinggal klik sana klik sini. CLI ini harus mengetikan perintahnya di keyboard.

Sekian penjelasan CLI dari saya. semoga mudah dipahami ya sobat. Jika kurang paham bisa ditanyakan di kolom komentar.semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih..

Posted in Debian Server, pengertian, Tutorial Linux

Related Posts

7 Comments

Tinggalkan Balasan