Menu Tutup

Cara remote debian menggunakan putty

cara remote debian menggunakan putty
cara remote debian menggunakan putty

Cara remote debian menggunakan putty – artikel kali ini masih seputar debian server seperti kemarin yaitu mengenai Pengertian DNS server. pada artikel kali ini akan berbeda. saya akan memberikan cara remote debian menggunakan putty.

tentu hal ini sangat dibutuhkan oleh kalangan sys admin sys admin. karena dengan kita meremot debian server dari jauh menggunakan putty, kita tidak perlu lagi mengawasi 24 jam di depan server. anda dapat memantaunya dengan menggunakan remote access putty.

Apa saja keuntungan menggunakan Putty?

dengan putty juga memungkinkan anda dapat mencopy paste command line atau perintah dasar yang ada di terminal debian server jika sudah terhubung dengan putty.

anda juga tidak perlu lagi memasang monitor di komputer server karena pc server biasanya hanya terinstall CLI saja dan kita bisa meremot langsung dari laptop atau komputer kita.

jadi monitor ini sangat jarang dipakai. biasanya hanya dipakai ketika kita sedang menkonfigurasi awalnya saja, seterusnya kita bisa mengaksesnya dengan menggunakan putty.menghubungkan debian dengan putty perlu konfigurasi awal saat baru saja selesai menginstall debian server. dengan konfigurasi dasar pada debian kita bisa menghubungkan putty ke debian server kita.

baca juga : Cara install DNS server beserta konfigurasinya

menghubungkan debian dengan putty ini sangatlah gampang. kalian hanya perlu mengatur settingan jaringan pada komputer/laptop yang digunakan untuk menghubungkan debian dengan putty.

Cara remote debian menggunakan putty

  1. hal pertama yang harus kamu lakukan adalah download putty dengan mengeklik link INI
  2. pindahkan putty di desktop
  3. konfgurasi debian server seperti gambar dibawah ini.
    cara remote debian menggunakan putty
  4. jika sudah simpan dengan menekan CTRL+X dan ENTER 
  5. kemudian ketikkan perintah #service networking restart

    cara remote debian menggunakan putty
  6. install aplikasi openssh server dengan mengetikkan #apt-get openssh-server
  7. lalu hidupkan dengan mengetikkan perintah #ifup eth0
  8. langkah selanjutnya adalah setting jaringan pada PC yang akan digunakan untuk meremote
  9. ubah IP address dengan IP se-subnet . contohnya saya memberi IP pada pengaturan 192.168.32.56 dan IP server saya adalah 192.168.32.54. berikan subnet mask, tambahkan gateway sesuai dengan server. kemudian ok
    cara remote debian menggunakan putty
  10. buka putty, masukkan alamat IP server kalian kemudian pilih open. nantinya jika bisa terhubung akan ada dialog. pilih saja yes
    cara remote debian menggunakan putty
  11. dan yup jika muncul tampilan login as berarti berhasil. kemudian login ke servermu
    cara remote debian menggunakan putty

selesai. mudah bukan tinggal mengubah settingannya sedikit sesuai dengan server kita maka kita bisa meremotenya di PC lain

dengan begini kita bisa mengawasi komputer server kita di manapun dengan PC kita sendiri tanpa harus duduk di depan komputer server.

ok selamat mencoba. semoga berhasil

Posted in Debian Server, Jaringan, Tutorial Linux

Related Posts

1 Comment

Tinggalkan Balasan