Menu Tutup

Cara mengganti password root debian

Cara mengganti password root debian – Tentu sobat pernah bukan mengalami yang namanya lupa?. Apalagi kata sandi atau password, sobat pasti sering lupa.

Bagaimana kalau kita lupa password root debian ? Pasti akan fatal bukan. Jika sobat lupa maka jalan yang kita pilih adalah menginstall ulangnya kembali.

Nah fatal banget kan? Apalagi jika di debian sobat sudah terinstall dan terkonfigurasi beberapa server seperti dns server. Maka sobat akan kehilangan dan memulainya lagi dari awal.

Tapi kali ini sobat tidak usah melakukan hal tersebut karena saya mempunyai solusinya agar sobat bisa mengganti password root pada debian tanpa install ulang.

Caranya mudah, ikuti langkah langkah berikut ini :

  1. Matikan debian sobat
  2. Nyalakan kembali dan tekan tombol E saat tampilan GRUB muncul. Tampilannya seperti di bawah ini   cara mengganti password root debian
  3. Kemudian cari kata quiet dan ketikkan perintah init=/bin/bash jika sudah tekan CTRL+X untuk menyimpan dan bootingcara mengganti password root debian
  4. Jika sudah maka akan tampil sekiranya seperti di bawah ini. Setelah itu masukkan perintah mount -o remount rw /cara mengganti password root debian
  5. Lalu ganti password dengan mengetikkan perintah passwd. Ketikkan password barumu. Enter jika sudahcara mengganti password root debian
  6. Kemudian mulai ulang debianmu dan coba login dengan root serta password baru yang telah kamu ubah tadi

Yup sesimpel itu kan. Dengan begini kita bisa mengakses lagi root debian kita. Ingat sobat jangan pernah melupakan password root debian mu lagi. Karena meski ada tutorial ini belum tentu cocok dengan debian sobat.

Karena saya sudah pernah mengalamainya. Alhamdulillah tutorial diatas sudah berjalan di debian saya. Waktu itu saya memang lupa password debian saya. Dan akhirnya saya nemu tutorial ini dan alhasil root debian saya bisa saya akses kembali.

Dan untuk itu aku membagikan tutorial diatas agar berguna bagi kita semua para sobat linuxer ya.

Sekian dan terima kasih,

Good luck!!

 

Posted in Debian Server, Tutorial Linux

Related Posts

Tinggalkan Balasan