Menu Tutup

Cara mengatasi laptop sering not responding

Cara mengatasi laptop sering not responding – Bagi semua orang laptop yang sering not responding saat menjalankan aplikasi atau software adalah sangat memuakkan. Saya juga sering mengalami hal ini sobat. Saat dulu waktu laptop saya masih bisa di pakai. Hal ini menjengkelkan karena not responding sering diikuti dengan close program.
Cara mengatasi laptop not responding pada windows
Cara mengatasi laptop sering not responding

Tiba-tiba saat mengedit foto misal membuat vector not responding dan kemudian close program. Padahal sudah mau jadi malahan terjadi not responding dan close program ๐Ÿ˜”. Dan terpaksa kita harus memulainya dari awal lagi ๐Ÿ˜ญ.

Not responding juga sering disebut hang. Atau macet pada system windows dan windows tidak merespon proses yang kita minta dan kemudian terjadilah not responding. Not responding juga bisa terjadi pada semua sistem operasi windows. Entah windows 7, windows 8 bahkan windows yang paling baru yaitu windows 10

Salah satu penyebab laptop yang sering not responding kemungkinan pada spesifikasi hardware pada laptop yang tidak sesuai system requirement pada sistem operasi. Mungkin kapasitas RAM terlalu kecil hanya 1 Gb tetapi menjalankan sistem operasi windows 10. Saya sarankan kalau RAM segitu pakailah windows 7. Agar meminimalisir terjadinya not responding pada windows

Dan tidak hanya itu. Kebanyakan aplikasi juga penyebab utama laptop not responding. Saran saya juga installah aplikasi yang kamu butuhkan jangan menginstall banyak aplikasi tetapi akhirnya tidak terpakai.

Nah saya juga punya solusinya untuk mengatasi laptop not responding pada windows. Simak hal-hal berikut jika ingin menyelesaikan masalah ini ya sobat :

1. Scan virus pada laptopmu

Cara mengatasi laptop not responding pada windows

Mengapa harus menscannya?

Karena penyebab laptop not responding juga terdapat virus di dalam laptop. Entah virus malware, trojan dan lain-lain. Untuk menghindari agar laptop tidak terkena virus adalah jangan asal download di internet. Biasanya terdapat banyak virus dari internet.

Kamu bisa menggunakan software antivirus smadav untuk menscannya karena ringan dan buatan lokal alias buatan indonesia. Cintailah produk dalam negeri ya sobat. Smadav juga menurut saya sangat ringan dan tidak membebani proses pada laptop.

Dan bila kamu ingin mendapatkan smadav kamu bisa download melalui website resmi smadav ya ๐Ÿ˜Š. Tinggal cari saja websitenya di pencarian google dengan mengetikkan kata kunci smadav dan pilih website resminya. Kamu juga bisa memakai antivirus selain smadav. Misalnya avira, avast, kaspersky, eset node dan masih banyak lagi antivirus yang bisa di pakai.

2. Cek kesehatan harddisk

Cara mengatasi laptop not responding pada windows dengan cara scan virus

Seperti manusia harddisk juga memiliki tingkat kesehatan. Faktor yang mempengaruhi kesehatan harddisk adalah bermacam-macam, bisa cuaca, pemakaian laptop dan lain-lain. Pemakaian yang tidak baik bisa mempengaruhi kesehatan harddisk. Contohnya kamu sering membawa-bawa laptopmu dan menempatkan pada permukaan yang tidak rata. Hal ini mempengaruhi kinerja piringan pada harddisk dan akhirnya kesehatan harddisk menjadi menurun

Cara cek kesehatan harddisk bisa menggunakan software harddisk sentinel. Googling aja untuk mendapatkan software ini. Atau kamu bisa cek harddisk di tempat-tempat servis komputer/laptop. Dulu saya juga sering disuruh untuk mengecek keadaan harddisk pada waktu praktik kerja industri.

Bila kesehatan harddisk sudah dibawah 20% merupakan kondisi yang tidak wajar. Karena ini dapat mempengaruhi kinerja laptop kamu Dan juga mempengaruhi datangnya not responding pada windows. Laptop juga akan semakin lemot dan lelet.

Solusinya yaitu segeralah membackup data-data di laptopmu dan mengganti harddisk dengan harddisk yang baru. Karena kondisi dibawah 20% terkadang bisa menurun tiba-tiba ke 0% dan akhirnya data-data yang tersimpan di laptopmu tidak akan bisa diakses dan diselamatkan lagi. Harddisk juga susah untuk diperbaiki. Walaupun bisa tentu jarang ada toko servis yang bisa memperbaikinya dan juga biayanya terbilang mahal. Hampir menyamai harga harddisk baru.

3. Hapus aplikasi yang tidak berguna

Kebanyakan aplikasi juga menyebabkan laptop sering mengalami not responding. Karena aplikasi tersebut biasanya berjalan di latar belakang. Dan akibatnya kapasitas RAM laptop akan termakan dan akhirnya laptop menjadi semakin lemot dan sering not responding.

Hal yang harus kamu lakukan yaitu dengan mimikah milah lagi aplikasi yang terinstall di laptopmu. Pilihlah apkikasi yang kamu butuhkan dan jika aplikasi yang tidak kamu butuhkan dan kamu gunakan sebaiknya uninstall aplikasi tersebut.

Cara menguninstall aplikasi ini bisa dilakukan dengan cara :

  • membuka control panel
  • Pilih program
  • Lalu pilih lagi program and features
  • Kemudian klik 2 kali program tersebut untuk menguninstallnya
    Cara mengatasi laptop not responding pada windows

 

4. Sesuaikan sistem operasi dengan spesifikasi hardware laptop

Seperti yang saya bilang tadi, install sistem operasi atau windows sesuai dengan spesifikasi laptop kamu. Solusinya adalah jika kamu sudah terlanjur menginstall sistem operasi misal windows 10 pada laptop yang mempunyai RAM 1 Gb saran saya downgrade windows atau menurunkan versi windowsnya ke windows 7

Tapi kan windows 10 banyak fitur dan memiliki tampilan yang keren sobat?
Memang iya tetapi jika kamu ingin laptopmu tidak lemot dan sering not responding saya sarankan untuk menurunkan windowsnya dengan cara install ulang. Untuk tutorial install ulang windows kamu bisa mencarinya di google ya

5. Upgrade hardware

Solusi terakhir adalah dengan mengupgrade hardware. Jika cara diatas sudah tidak mempan lagi untuk meminimalisir not responding pada windows. Mengapa?

Karena dengan mengupgade hardware laptop akan semakin responsif dan tidak lagi not responding. Misal kita mau upgrade RAM yang semula 1 Gb menjadi 2 Gb atau lebih. Dan lagi, kita mau mengganti harddisk dengan SSD kependekan dari solid state drive. Memang ssd lebih mahal dari pada hdd. Tetapi kinerjanya lebih cepat 4x lipat dari harddisk.

Bahkan saya pernah mendengarkan cerita teman saya, katanya bos dia memiliki laptop yang memakai ssd dan proses bootingnya yang mengejutkan . Hanya kurang lebih 2 detik. Bayangkan coba padahal laptop dia hanya memiliki prosesor intel celeron yabg jadul tetapi bootingnya bisa secepat itu. Katanya penyimpana hdd dan ssd bisa mempengaruhi kinerja laptop. Hmm jadi kepengen beli ya sobat ๐Ÿ˜

Nah dari beberapa tips dan trik saya di atas kalian bisa mempraktikannya langsung di laptop kamu supaya not responding pada laptop windows kamu bisa hilang. Nah semoga dengan ini kegiatan kamu di laptop menjadi tidak terganggi karena laptop sering not responding.

Posted in Tutorial Windows

Related Posts

Tinggalkan Balasan